Our Menu
LOGIN
Social Media

Melesat di Bisnis Sejagat, Anak Petani Jadi Inspirasi

I made Sugiarta

Melesat di Bisnis Sejagat, Anak Petani Jadi Inspirasi

I Made Sugiarta, satu dari sekian banyak anak petani Indonesia umumnya dan Bali khususnya yang menginspirasi banyak orang karena kisah hidupnya. Bermodalkan kekuatan keyakinan dan tekadnya yang besar untuk menjadi pribadi yang sukses, pria humoris ini menjadi salah satu bukti nyata, bahwa sukses adalah milik siapa saja yang mau memperjuangkannya. Sukses tidak memandang siapa latar belakang kita, apakah kita anak seorang petani, pejabat, pengusaha, dsb-nya, satu hal yang pasti, SUKSES harus diperjuangkan dengan penuh keyakinan dan tekad yang kuat. Berikut petikan wawancara wartawan Majalah Amazon Health news dengannya:

Bagaimana awal mula Pak Made merintis karir?

Saya lahir dari kedua orang tua yang bekerja sebagai petani di pegunungan Utara, tepatnya sebuah desa kecil Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Saya mungkin tak seberuntung orang lain pada saat itu. Namun, saya percaya roda kehidupan pasti akan terus berputar, keyakinan saya untuk bisa sukses pasti akan terwujud.

Dulunya, saya tak punya modal untuk datang ke Kota, bahkan saya tidak bisa mengontrak rumah, saya hanya bisa mengontrak kamar kost kecil-kecilan. Namun, dengan keyakinan yang kuat dan bekal ijasah SMA yang saya miliki, saya tetap berani datang untuk mengadu nasib.

Saya yakin segala sesuatunya tidak ada yang sia-sia. Karena kepindahan saya ke kota jugalah yang membawa saya mendapatkan pekerjaan baru sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintahan Kabupaten Tabanan.

Sejak kapan Pak Made tertarik dengan bisnis jaringan?

Bergelut di bidang bisnis jaringan sudah saya tekuni sejak tahun 2001, hanya saja perjalanan bisnis saya tidak berjalan mulus. Jalan terjal yang saya lewati, membuat saya harus mundur dan meninggalkan bisnis yang pelan-pelan mulai saya cintai itu. Namun, hal tersebut saya yakini sebagai pembelajaran bagi diri saya.

Darimana Bapak belajar mengenai bisnis jaringan?

Kebetulan saya melanjutkan pendidikan yang sedikit bersinggungan dengan bisnis yang saya jalani. Yang paling utama adalah kejujuran, berikan apa adanya yang Anda miliki. Serta Anda harus memiliki tanggung jawab yang kuat, siapa pun yang Anda ajak maka ajaklah dia untuk bergabung bersama mengikat tali persaudaraan. Kita tidak meninggalkannya begitu saja, tapi ingat kita punya tanggung jawab.

Bekal apa yang Pak Made miliki dalam mengelola bisnis jaringan?

Berangkat dari pengalaman saya dahulu, maka saya bisa belajar dan tak harus berlama-lama menyudahi bisnis yang sempat gagal. Saya pun berani untuk kembali merintis bisnis jaringan dari nol.

Menurut Bapak, apa kekuatan dari PT Bintang Sejagat Internasional?

Bintang Sejagat Internasional (BSI) menjadi wadah bagi saya untuk meniti karir di bisnis jaringan. BSI dengan konsep marketing plan yang menguntungkan, manajemen yang profesional dan juga memiliki produk super yaitu Amazon Berries dan K-Muricata.

Istri saya sudah lima tahun menderita penyakit vertigo. Setiap satu minggu sekali istri saya harus berobat ke dokter. Katanya, produk herbal Sejagat mampu membantu menghilangkan penyakit vertigo yang dialami istri saya. Setelah rutin mengonsumsi herbal dari Sejagat, kini istri saya tak lagi alami vertigo, bahkan dokter telah menyatakan sembuh.

Jus Amazon Plus, satu lagi produk Sejagat yang menurut saya mampu membantu ketiga anak saya menjadi semakin cerdas. Ni Putu Dian Darmapatni (20 tahun), anak pertama saya yang mampu menembus Indeks Prestasi (IP) hingga 3,9 membuat Dian menjadi duta kampus tingkat Nasional. Resepnya, secara rutin saya berikan Amazon Plus pada anak-anak saya.

Kekuatan Bintang Sejagat Internasional terletak pada produknya yang hebat selain sistem bisnisnya. Ini merupakan fondasi awal untuk memperkenalkan Sejagat ke masyarakat luas. Saya sudah buktikan sendiri pada istri saya, juga anak-anak. Selain itu sarana lain yang menurut saya itu sebagai daya saing unggulan Sejagat adalah kepemilikan pabrik yang memroduksi produk-produknya adalah milik sendiri, tanpa kerjasama dengan perusahaan lain. Ini merupakan nilai plus untuk Sejagat untuk mampu bersaing dan tumbuh menjadi perusahaan besar di Indonesia bahkan dunia.

Bagaimana memulai usaha Bintang Sejagat Internasional?

Awalnya sangat enteng dan sederhana. Saya telah buktikan sendiri, oleh karena itu saya lebih mudah untuk membicarakannya pada orang lain. Bisnis ini bagus sebagai awal investasi untuk hari tua.

Apa strategi dan upaya yang dilakukan agar produk dan sistem bisnis BSI cepat dikenal oleh masyarakat luas?

Cuma satu rahasia terbesarnya. Kita harus meyakini dulu, apa yang kita kerjakan. Ketika kita sudah yakin dan percaya maka dengan mudah kita akan mengenalkan segalanya tentang BSI ke masyarakat luas. Jangan pernah untuk mencoba-coba.

Sudah berapa banyak bonus yang diperoleh Pak Made?

Wahh.. bicara soal nilai mungkin ini merupakan rahasia dapur bagi saya sendiri. Yang jelas saya sudah bisa mendapatkan 1 unit mobil Pajero Sport dan tujuh orang tim saya yang lain juga sudah mendapatkan mobil, seperti Xenia, Sirion dll. Selain itu, berkat Sejagat juga saya bisa membeli sebuah ruko dengan harga setengah miliar.

Bagaimana tanggapan dari istri dan keluarga?

Sempat datang penolakan dari istri dan anak-anak saya. Karena, kesibukan di kantor sudah membuat saya kelelahan hingga stres, keluarga mengharapkan agar saya lebih banyak beristirahat di rumah.

Saya pribadi membutuhkan teman-teman di komunitas bisnis jaringan untuk dapat berbaur bersama melepas penat, sharing dan berembuk di lapangan. Semuanya saya jalani dengan enjoy sehingga stres pun hilang.

Apa langkah ke depan yang ingin diwujudkan melalui bisnis ini?

Bisnis Sejagat saya jalankan dengan all out, saya tidak pernah setengah-setengah dalam menjalankan tugas. Beriring dengan tanggung jawab yang paling penting terhadap rekan-rekan sesama tim di Sejagat. Sebaiknya apabila Anda sudah mencintai Sejagat jangan ambil yang lain.

Pengalaman menyakitkan yang pernah dialami?

Bukan pengalaman menyakitkan tepatnya, waktu itu ketika pesaing menganggap ‘remeh’ apa yang saya kerjakan. Bisnis yang biasa dikenal dengan sebutan ‘multilevel’ mungkin bisa dianggap ‘alergi’ bagi sebagian orang, karena tak sedikit perusahaan yang menipu anggotanya. Namun, menurut saya tak semua perusahaan sama. Anggapan orang lain merupakan bagian di mana saya akan lebih terpacu untuk melewatinya. Bagi saya tak ada kesukaran tanpa usaha yang ikhlas dan rendah hati.

Pengalaman menyenangkan selama menjalani bisnis Sejagat?

Pada bulan September (2013) kemarin saya konvoi bersama tim yang masing-masing membawa mobil brand ‘Sejagat’, tiap tim juga mengajak keluarganya menuju Kebun Raya Bedugul untuk menghabiskan waktu bersama menikmati alam terbuka. Saya menyukai kebersamaan diantara kami duduk bersama sambil makan nasi bungkus, saya pikir hal tersebut sudah membuat saya bahagia.

Pesan Bapak untuk seluruh pembaca Amazon health news?

Untuk Bapak atau Ibu-ibu yang masih punya anak sekolah, jangan lupa untuk memberikan mereka jus Amazon Plus. Saya yakin ini sangat baik untuk mereka, apabila Amazon Plus sudah ada sejak 10 tahun belakangan mungkin akan jauh lebih baik. Amazon Plus mencerdaskan putra-putri Anda, tentunya baik untuk prestasi mereka di sekolah dan kedepannya akan jauh lebih baik bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Teks: Rossy. Foto: Zack.

Sumber : Amazonhealthnews

Tags:
No Comments

Post A Comment