Our Menu
LOGIN
Social Media
 

Manfaat dab Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Manfaat dab Khasiat Daun Kelor Bagi Kesehatan. Kelor memiliki banyak manfaat bagi manusia. Berbagai bagian dari tanaman kelor bisa dimakan. Cara memanfaatkan kelor juga sangat bervariasi, mulai dari biji polong muda atau disebut “stik drum”, sangat populer di Asia dan Afrika. Untuk bagian daun kelor, dimanfaatkan khususnya di Kamboja, Filipina, India Selatan dan Afrika. Biji matang, dan minyak dari biji serta akar kelor.
Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor adalah bagian paling umum digunakan. Bunganya dapat dimakan saat dimasak dan terasa seperti jamur. Kulit kayu, getah, akar, daun, biji, minyak, dan bunga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Di Jamaika, getah digunakan untuk pewarna biru alami.

Daunnya Kelor adalah bagian paling bergizi dari tanaman kelor sendiri, merupakan sumber penting vitamin B6, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, magnesium dan protein antara nutrisi lain yang telah diteliti di lab. oleh USDA.

Adalah Lowell Fuglie, seorang warga negara Prancis yang tinggal dan bekerja di Senegal, yang pertama kali meneliti kandungan nutrisi daun kelor. Pada akhir tahun 90an orang ini mulai meneliti daun kelor dan menemukan bukti bahwa ibu-ibu hamil yang mengalami gizi buruk sekalipun masih bisa dibantu untuk memiliki bayi yang sehat dengan cara mengonsumsi daun kelor. Hasil penelitian si Lowell ini sekarang banyak dimanfaatkan oleh banyak negara untuk memerangi gizi buruk, terutama negara-negara berkembang di semenanjung Afrika. Program penggalakan penanaman daun kelor di negara-negara Afrika merupakan kampanye yang intensif melalui lembaga-lembaga pendidikan dan swadaya masyarakat. Tak kurang dari seorang sekjen PBB (Kofi Annan pada waktu itu) ikut mendukung sosialisasi penggunaan daun kelor untuk memerangi gizi buruk.

Kelor sangat menjanjikan sebagai sumber makanan di daerah tropis karena pohon memiliki daun yang penuh pada musim kering dan ketika makanan lain biasanya langka.

Daun kelor terus dilakukan penelitian untuk mengungkapkan sifat potensi nutrisi dan fitokimia, termasuk di antaranya termasuk efek antibakteri secara in vitro, toleransi glukosa meningkat pada model tikus diabetes, penghambatan Epstein-Barr aktivitas virus in vitro dan pengurangan papiloma kulit pada tikus.

Fakta tentang kandungan daun kelor

1. Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C.

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

2. Daun kelor mengandung Potassium

Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

3. Daun kelor kaya akan Vitamin A

Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare,dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.

4. Daun kelor mengandung Kalsium

Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu.

Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

  1. Sebuah solusi terhadap mal nutrisi
  2. memperkuat otot
  3. Detoksifikasi tanpa efek samping
  4. Anti-ulcerogenic agen
  5. Mengurangi indeks aterogenik
  6. meningkatkan kekebalan
  7. Menurunkan kadar kolesterol
  8. Membawa turun kadar gula darah
  9. Meningkatkan kewaspadaan mental
  10. Meningkatkan metabolisme tubuh
  11. Berat badan dengan energi permanen
  12. Mengurangi resistensi insulin

Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Anti inflamasi

Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “miracle tree” maupun “Tree for Life”.

Dari penelitian daun kelor mampu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

2. Anti Kolesterol

Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor dapat sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan juga terkait peran i2 sitosterol, senyawa bio aktif yang terkandung dalam daun kelor.

Senyawa ß sitosterol yang mampu mengikat kolesterol hingga lemak yang ada didalam hati (lever), jantung dan pembuluh darah aorta dapat diturunkan dan dikeluarkan lewat pembuangan kotoran. Pengerasan pembuluh darah dapat dikurangi hingga 86% dalam 12 minggu terapi.

3. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu

Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.
Manfaat daun kelor ini juga telah dibuktikan dengan mengatasi gizi buruk di afrika. 10 Tahun yang lalu jika kita mendengar ethiopia pasti identik dengan kelaparan. Tapi hari ini berkat daun kelor bersama dengan program PBB dan LSM mampu menuntaskan masalah kelaparan dengan media daun kelor dan pohon kelor.

4. Khasiat Kelor Memerangi Kekurangan Gizi

Pohon dan daun kelor telah digunakan untuk memerangi kekurangan gizi, terutama pada bayi dan ibu menyusui. Berbagai lembaga LSM internasional Trees for Life, Educational Concerns for Hunger Organization, dan Volunteer Partnerships for West Africa – telah menganjurkan kelor sebagai solusi mengatasi kelaparan. Salah satu penulis menyatakan bahwa kelor adalah nutrisi alami untuk daerah tropis.

“Moringa atau kelor sekarang begitu terkenal sehingga tampaknya tidak ada keraguan dari manfaat kesehatan yang besar untuk direalisasikan oleh konsumsi serbuk daun kelor dalam situasi di mana kelaparan sudah makin dekat”
Dengan perbandingan berat yang sama, daun kelor juga mengandung Vitamin C lebih banyak dibanding jeruk, kalsium empat kali lipat susu, potasium tiga kali lipat pisang, protein dua kali lipat yogurt dan zat besi jauh lebih banyak daripada bayam. Dari 24 unsur nutrisi (beberapa vitamin, mineral dan asam amino) yang kami uji di laboratorium milik sebuah universitas di Malang, semua terdeteksi keberadaannya dengan kadar yang cukup signifikan.

5. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Daun kelor mengandung zat aktif tumbuh-tumbuhan (pitokimia) berupa glycoside, mustard oil glycoside, thiocarbamate, isothiocyanat yang mampu menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tersebut disertai dengan penghilangan kolesterol penyebab penyempitan pembuluh darah oleh senyawa ß sitosterol dan juga peningkatan volume air seni (diuretika). Jarang dijumpai baik obat-obatan kimia tunggal maupun pitokimia memiliki kinerja penurunan tekanan darah seperti daun kelor yang mampu menurunkan tekanan darah disertai menghilangkan kolesterol serta memperbanyak air seni sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung (Medical and AromatisPlants).

6. Kencing Manis (Diabetes)

Hasil penelitian Jaiswal Dolly peneliti dari Departemen Kimia Universitas Allahabad India membuktikan senyawa aktif daun kelor lebih efektif serta jauh lebih aman dalam penurunan KADAR GULA DARAH dibanding obat kimia GLIPIZIDE (obat kencing manis yang biasa diresepkan dokter, Trubus agustus 2011). Penurunan kadar gula darah disebabkan pengaruh senyawa TERPENOID yang menstimulasi sel-sel ß pankreas untuk mengeluarkan insulin.

7. Antioksidan

Antioksidan yang dikandung daun kelor cukup tinggi dan terdiri dari bermacam-macam senyawa seperti carotenoids, lutein, xanthin, kaemferol, quercetin, rutin, dll yang mampu mengikat radikal bebas didalam tubuh. Dampak kinerja tersebut menjadikan tubuh segar dan fit, anti kanker dan tumor dan tidak mudah sakit. Melindungi kerusakan hati dan ginjal. Hal ini disebabkan oleh pengaruh kandungan antioksidan yang tinggi (Biology and Medicine vol. 3 special issue 27-35, 2011), (Trubus edisi Agustus 2011).

8. Khasiat daun kelor lainnya

Manfaat dan khasiat daun kelor lainnya untuk penyembuhan penyakit, serta ganguan kesehatan adalah :

  1. Membantu mengatasi kemandulan pada pria serta meningkatkan aktivitas sex pada pria (Watcho et al, 2001).
  2. Menyembuhkan penyakit SPLENOMEGALI yaitu terjadinya pembengkakan pada limpa (Trubus edisi Agustus 2011). Penyebab pembengkakan dapat disebabkan karena penyakit kanker hati. Pembengkakan tersebut menyebabkan nyeri hebat pada punggung dan ulu hati.
  3. Mempercepat produksi sel-sel darah merah hingga baik dikonsumsi oleh orang yang kekurangan darah akibat pendarahan / sehabis melahirkan.
  4. Membantu meringankan sakit pegal karena asam urat, rematik, serta mampu memperkuat rahim dan saluran indung telur (Trubus edisi Agustus 2011).
  5. Mampu menjaga stamina tubuh
No Comments

Post A Comment