Our Menu
LOGIN
Social Media
 

Manfaat Bee Pollen untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bee Pollen untuk Kesehatan Tubuh. Apakah Itu Bee Pollen? Bee pollen –seperti diawali dengan kata “bee” yang berarti lebah– diproduksi oleh lebah sebagai sumber makanan lebah yang masih muda. Pollen dikenal sebagai salah satu zat yang mengandung kelengkapan gizi yang cukup tinggi. Kadar nutrisi tersebut cukup baik untuk perkembangan tubuh manusia. Diperkirakan bee pollen mengandung sekitar 40% protein. Selain itu terdapat pula beberapa kadar lainnya, seperti vitamin termasuk B kompleks dan zat asam amino dan beberapa jenis asam lainnya.

Bee Pollen memiliki kandungan protein yang lebih kaya dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Di lain sisi, pollen mengandung amino lebih tinggi dari beberapa jenis makanan yang dikenal memiliki amino lebih, seperti kuning telur dan keju.

Apakah Zat Pembentuk Bee Pollen?

Bee Pollen terbentuk dari sari bunga yang dibawa oleh lebah ke dalam sarang. Sari bunga sebagian menjadi madu dan sebagian lainnya menjadi zat ini.  Serbuk sari yang dibawa oleh lebah ke dalam sarang menjadi makanan utama bagi lebah yang muda. Serbuk sari bunga dikenal sebagai sumber makanan yang lengkap. Sebagai cikal buah dan bibit, serbuk sari mengandung pelbagai zat yang berfungsi untuk meneruskan regenerasi tumbuhan. Serbuk sari lebah biasanya terbentuk dari pelbagai serbuk sari bunga.

Bagaimana Konsumsi Bee Pollen?

Bee Pollen dengan segala kandungannya dapat dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan atau sebagai bahan atau sumber obat. Sebagai obat bee pollen sering disebut memiliki khasiat mengobati penyakit, seperti asma, alergi, persoalan pencernaan hingga menjaga metabolisme tubuh. Meski demikian, konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bee pollen sangat dianjurkan.

Apakah Bee Pollen Aman dikonsumsi?

Konsumsi Bee Pollen pada dasarnya aman. Meski demikian konsultasi kepada dokter sangat dianjurkan sebelum konsumsi ini terutama untuk konsumsi jangka panjang. Bee Pollen perlu disadari dapat membangkitkan beberapa reaksi alergi, seperti gangguan pernafasan, gatal dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Pastikan anda tidak memiliki alergi tertentu apabila mengkonsumsi. Ibu Hamil sebaiknya menghindari konsumsi makanan ini.  Bee Pollen masuk sebagai salah satu makanan pantangan selama ibu hamil.

Selain madu yang telah dikenal luas khasiatnya oleh masyarakat, bahan alami lain seperti bee pollen atau serbuk sari lebah juga banyak dipercaya untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Ahli herbal meyakini bee pollen sebagai salah satu sumber makanan bergizi tinggi yang luar biasa, yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Meski demikian, belum ada bukti klinis mengenai kebenaran hal tersebut.

Bee pollen atau serbuk sari lebah berbeda dengan madu alami, sarang lebah madu ataupun royal jelly. Produk-produk tersebut tidaklah mengandung serbuk sari lebah. Bee pollen merupakan gabungan dari serbuk sari tanaman yang dikumpulkan lebah serta nektar tanaman dan air liur lebah. Ketiga bahan membentuk butiran halus yang disimpan di dalam kantung pada kaki lebah.

Bee pollen banyak dipercaya memiliki banyak manfaat karena mengandung sejumlah zat penting seperti asam amino, vitamin dan mineral, enzim serta protein, karbohidrat dan lemak.

Beberapa manfaat yang dikenal oleh masyarakat secara tradisional, antara lain mengatasi sulit buang air besar, gangguan prostat, membantu penyembuhan luka, meringankan nyeri sebelum menstruasi serta memberi pasokan antioksidan untuk tubuh.

Kini, bee pollen banyak tersedia di toko yang dapat dibeli secara bebas sebagai suplemen makanan dan produk untuk kulit, terutama mengatasi eksim ataupun ruam popok pada bayi. Selain itu, bee pollen juga kerap direkomendasikan untuk menjaga stamina, mengatasi gangguan pada perut, asma, alergi serta mengurangi efek samping kemoterapi dan meningkatkan performa saat berolahraga.

Bee pollen memang belum menjadi salah satu jenis obat dan sumber gizi yang terkenal di Indonesia. Bee pollen masih dikenal oleh kalangan terbatas. Penggunaan jenis makanan ini seringkali masih diidentikkan dengan pengobatan alternatif. Meski demikian, bee pollen merupakan salah satu sumber makanan dengan kadar protein yang sangat tinggi. Tingginya kadar protein yang terkandung pada makanan inilah yang menyebabkan munculnya alergi pada orang-orang yang mengkonsumsi bee pollen pertama kali. Alergi ini disebabkan oleh reaksi tubuh atas masuknya protein dalam kadar yang cukup besar.

Apa Efek Samping Bee Pollen?

Efek Samping Bee Pollen perlu diwaspadai. Kewaspadaan perlu ditingkatkan apabila Anda pertama kali mengkonsumsi makanan ini dan jika anda berniat mengkonsumsi makanan ini dalam jangka waktu yang panjang. Reaksi tubuh berupa alergi merupakan salah satu resiko terbesar yang kerap muncul. Tingginya protein dalam bee pollen memancing reaksi tubuh. Reaksi berupa alergi, seperti pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, rasa gatal yang kuat hingga kulit yang memerah merupakan salah satu resiko atau efek samping konsumsi bee pollen. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum konsumsi. Selain itu, konsumsi bee pollen pertama kali baiknya memertimbangkan jumlah pollen yang dimakan. Baiknya, saat pertama kali bee pollen dikonsumsi secara terbatas, seperti seujung sendok makan (bukan penuh).

18 Manfaat Bee Pollen untuk Kesehatan Tubuh

Bee Pollen menurut arti katanya yaitu “Bee” yang mempunyai arti lebah dan “Pollen” yang mempunyai arti serbuk sari bunga jantan. Jadi bee pollen adalah serbuk sari bunga jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu. Bee pollen merupakan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Bee pollen sering disebut dengan istilah makana super (super food). Kalau para peternak lebih sering menyebut bee pollen sebagai “Roti lebah”. Bee pollen merupakan suatu unsur dari reproduksi jantan pada tumbuhan berwarna kuning keemasan dan berbentuk debu halus. Bee pollen ini proses pengambilannya tidak susah yaitu diambil saat lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, kemudian serbuk sari, nektar dan air liur akan tercampur dan disimpan didalam kantung pollen. Kantung pollen ini berada di kaki lebah.

Kandungan Gizi Bee Pollen

Bee pollen mengandung banyak unsur gizi yang sangat baik untuk tubuh. beberapa unsur gizi yang terdapat pada bee pollen diantaranya, zat hidrat arang, protein, asam lemak essensial, vitamin, mineral, enzym serta hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. kandungan zat gizi yang ada didalam bee pollen tersebut akan mampu menguatkan sel-sel jaringan tubuh. dalam bee pollen juga mengandung asam amino sejumlah 18, mengandung 12 vitamin, 28 mineral, enzim, asam lemak sejumlah 14, karbohidrat serta protein. Bee pollen merupakan makanan yang sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa “seseorang dapat bertahan hidup hanya dengan mengkonsumsi bee pollen dengan air.” Hal ini menunjukkan bahwa manfaat dari kandungan bee pollen sangat penting untuk kehidupan manusia. Bee pollen mempunyai banyak khasiat manfaat untuk kesehatan tubuh, beberapa manfaat bee pollen yaitu sebagai berikut:

1. Pemulihan keletihan

Bee pollen merupakan makanan yang mengandung banyak zat gizi sehingga bermanfaat untuk pemulihan tenaga. Rasa letih yang terjadi akibat melakukan aktivitas yang berat atau berpikir keras akan pulih kembali dengan mengkonsumsi bee pollen. Kandungan zat gizi dalam bee pollen akan bekerja dengan efektif sehingga dapat menggantikan tenaga yang telah hilang akibat melakukan berbagai aktifitas, sehingga tubuh fit kembali.

2. Menumbuhkan nafsu makan

Bee pollen juga mengandung zat yang dapat memacu timbulnya nafsu makan sehingga orang yang baru sembuh dari sakit atau yang kurang nafsu makan, nafsu makannya dapat meningkat sehingga kebutuhan tubuh akan zat gizi akan lebih mudah terpenuhi.

3. Menambah gizi tubuh

Bee pollen merupakan sumber makanan yang dapat memenuhi tubuh akan kurangnya zat gizi. Tubuh yang kekurangan zat gizi akan menimbulkan kondisi kesehatan kurang fit, dengan mengkonsumsi bee pollen dengan rutin maka kebutuhan tubuh akan zat gizi akan cepat terpenuhi.

4. Menghambat penuaan dini

Zaman sekarang penuaan dini akibat bahaya radikal bebas serta bahaya zat lain mudah menyerang tubuh manusia. Hal ini akan memberikan efek tubuh atau wajah kelihatan lebih tua dibanding dengan umur aslinya. Dengan mengkonsumsi bee pollen maka penuaan dini ini dapat dicegah datangnya. Dengan begitu kita akan lebih awet muda.

5. Mencegah terjadinya kelainan jantung

Bee pollen mengandung banyak zat yang dapat membuat sistem kerja sel-sel di dalam tubuh dapat bekerja lebih efektif sehingga tidak akan terjadi kelainan pada organ-organ penting seperti jantung. Dengan mengkonsumsi bee pollen maka jantung akan bekerja dengan efektif serta mencegah terjadinya kelainan pada organ jantung.

6. Membantu masalah pembuluh darah

Dengan kandungan zat yang terdapat di dalam bee pollen maka akan membantu masalah pembuluh darah di dalam tubuh. pembuluh darah di dalam tubuh bekerja dengan efektif dengan bantuan oleh kandungan zat yang ada didalam bee pollen.

7. Mengatasi masalah tekanan darah dan anemia

Kandungan bee pollen akan mampu mengatasi masalahh tekanan darah baik itu darah rendah ataupun darah tinggi, serta dapat juga mengatasi masalah anemia (kekeurangan darah merah). Seorang penderita anemia ataupun tekanan darah dapat mengkonsumsi bee pollen agar masalah tekanan darah dan kekurangan darah dapat teratasi.

8. Menyembuhkan gangguan sistem pencernaan

Jika anda mengalami gangguan pencernaan seperti diare kronis, sembelit, ataupun infeksi usus, maka anda dapat mengatsinya dengan mengkonsumsi bee pollen. Bee pollen ini memang mempunyai banyak khasiat manfaat sehingga dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan dalam kesehatan tubuh.

9. Menambah kekuatan penglihatan

Kandungan vitamin didalam bee pollen juga mampu bekerja dengan efektif untuk membantu mempertajam penglihatan sehingga mata akan bekerja lebih baik serta pandangan menjadi lebih jelas.

10. Mengatasi gangguan persendian

Tubuh yang letih sering merasakan gangguan persendian, dengan manfaat kandungan bee pollen maka mampu mengatasi gangguan yang terjadi pada masalah persendian. Sendi-sendi yang membentuk tubuh anda akan bekerja dengan baik serta dapat membantu aktifitas anda sehingga kegiatan anda dapat berjalan dengan lancar.

11. Mengatasi kelainan pada kulit

Berbagai kandungan zat dan kekayaan manfaat dalam bee pollen mampu mengatasi kelainan yang terjadi pada kulit. Masalah pada kulit bisa terjadi karena tubuh kekurangan akan zat gizi. Kandungan zat gizi yang mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh akan membantu mengatasi kelainan yang terjadi pada kulit.

12. Mencegah kanker

Kanker yang tumbuh didalam tubuh manusia dapat menggangu kesehatan bahkan dapat menghilangkan nyawa. Begitu bahayanya kanker maka sebaiknya dicegah keberadaannya. Dengan mengkonsumsi bee pollen maka dapat menjaga jaringan di dalam tubuh tetap sehat sehingga dapat mencegah terjadinya kanker di dalam tubuh.

13. Memberikan daya seksual

Kandungan bee pollen ternyata juga dapat memberikan daya seksual karena dapat meningkatkan energi didalam tubuh sehingga dapat tetap sehat dan kuat. Hal ini baik dikonsumsi untuk para pasangan suami istri yang sedang merencanakan keturunan agar cepat berhasil mendapatkan anak.

14. Penunjang energi

Bee pollen mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein, asam lemak serta zat penting lainnya yang dapat menunjang energi didalam tubuh. ketika tubuh telah mendapatkan energi yang cukup maka akan dengan mudah melakukan berbagai aktifitas dengan baik karena tubuh sehat dan kuat.

15. Meningkatkan kekuatan daya pikir

Bee pollen mengandung asam glutamat yang berfungsi membawa mineral kalium ke otak. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi pada pikiran. Bee pollen telah terbukti dapat meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. Peningkatan sel darah merah di dalam tubuh dapat meningkatkan konsentrasi sebesar 25%. Bee pollen juga baik diberikan kepada anak-anak agar otak anak dapat bisa lebih konsentrasi dan cepat berkembang.

16. Menjaga sel-sel tetap muda

Sel-sel tubuh semakin lama akan semakin tua sehingga tingkat kerjanya juga semakin rendah. Tetapi dengan mengkonsumsi bee pollen maka akan membantu menjaga sel-sel yang ada didalam tubuh kita tidak mudah cepat tua. Karena penuaan sel-sel didalam tubuh juga bisa terjadi karena kerja sel yang terlalu lelah. Maka hal ini dapat membantu kerja sel di dalam tubuh sehingga tidak bekerja dengan begitu keras sehingga tidak cepat tua.

17. Antioksidan yang paling baik

Banyak sumber antioksidan yang baik, tetapi bee pollen merupakan sumber antioksidan yang paling baik dari makanan alami lainnya. Zat antioksidan ini sangat diperlukan untuk tubuh agar tubuh tetap sehat karena tubuh terhindar dari berbagai bahaya radikal bebas.

18.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh memerlukan sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Bee pollen mengandung zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan didalam tubuh sehingga tubuh aman dari berbagai macam bahaya bibit penyakit. Penyakit yang ada didalam tubuh juga dapat cepat sembuh jika sistem kekebalan tubuh kuat.

No Comments

Post A Comment