Our Menu
LOGIN
Social Media
 

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan. Blueberry, buah kecil berwarna biru tua atau ungu itu mungkin kita tidak mengenalnya secara utuh ataupun dalam bentuk buah segar, karena blueberry tidak lazim dijumpai tumbuh di Indonesia. Kita mungkin sering mendengar nama blueberry dalam artikel-artikel kesehatan atau melihatnya dalam bentuk olahan, selai maupun makanan lain yang memiliki rasa blueberry.

Bagi yang banyak membaca artikel kesehatan, sepertinya blueberry merupakan buah ‘wajib’ yang selalu dimasukkan dalam daftar buah berkhasiat, buah bermanfaat, atau buah ajaib di bidang kesehatan. Berbagai macam khasiatnya mulai membantu menyelesaikan masalah kulit sampai berperan sebagai super hero dalam melawan penyakit super killer, jantung dan kanker.

Buah yang berasal dari tanaman yang dikategorikan semak berbunga ini, termasuk dalam genus Vaccinium, dan memiliki beberapa species. Beberapa spesies blueberry yang lazim dikonsumsi, antara lain Vaccinium angustifolium, Vaccinium virgatum, Vaccinium elliottii, dan Vaccinium corymbosum. Biasanya blueberry dijual dalam bentuk segar, atau dalam bentuk olahan, seperti jus, buah beku, buah kering, atau dibuat selai.

Tanaman berdaun hijau sepanjang tahun ini merupakan asli dari Amerika bagian utara,  meskipun mereka juga tumbuh di bagian selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan.

Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Blueberry kaya akan kandungan mangan yaitu sebesar 25%, dan vitamin K 32% untuk nilai DV-nya (daily value atau angka nutrisi yang dibutuhkan per harinya), sedang vitamin C sebesar 19%. Nilai DV di atas 20% dikategorikan sebagai high sources.

Selain itu blueberry juga mengandung antosianin, suatu pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Telah dibuktikan bahwa kandungan antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang) secara in vitro.

Khasiat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa contoh khasiat blueberry untuk kesehatan:

1. Anti-penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam blueberry membantu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dianggap bertanggung jawab atas penuaan tubuh. Makanan yang kaya antioksidan dengan demikian menciptakan efek anti penuaan. Tingginya kandungan vitamin C dalam blueberry juga membantu dalam memperlambat proses penuaan.

2. Menjaga penglihatan dan kesehatan mata

Blueberry merupakan obat yang tepat untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit yang berkaitan dengan fungsi retina dan membantu mengontrol penglihatan agar selalu tajam. Masalah ocular juga dapat ditangani dengan mengkonsumsi blueberry secara regular.

3. Melindungi kulit

Masker blueberry untuk facial dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan karena stress dan paparan sinar matahati. Selain itu pemakaian masker blueberry secara rutin juga membuat kulit menjadi lembut, kenyal, dan terlihat menakjubkan.

4. Mengurangi kolesterol jahat

Antioksidan yang terkandung dalam buah blueberru membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga mencegah darah tinggi dan jantung. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dapat netralisasi oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah blueberry ini.

5. Mencegah penyakit jantung

Blueberry mengandung bahan yang baik untuk kesehatan jantung. Menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung.

6. Meningkatkan kadar glukosan dan insulin

Blueberry terbukti mampu mengurangi timbunan lemak dalam perut. Dalam beberapa penelitian, blueberry diberikan pada tikus. Hasilnya, tikus-tikus tersebut mengalami penurunan berat badan dan massa liver. Mengapa ukuran liver penting? Sebab banyak penyakit dihubungkan dengan ukuran liver yang besar, seperti resistensi insulin, obesitas, dan juga diabetes. Selain itu, blueberry juga berkhasiat meningkatkan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah blueberry memiliki banyak manfaat khususnya bagi pencernaan, yakni mencegah konstipasi. Selain itu kandungan vitamin, asam dan fruktosa membantu masalah gangguan pencernaan.

8. Melindungi tubuh dari kanker

Kandungan phytonutrient yang terdapat pada buah blueberry, membantu mencegah kanker usus dan kanker rahim.

9. Menjaga fungsi otak

Makan satu cangkir jus blueberry secara rutin ternyata dapat mengurangi stress pada otak dan mencegah penyakit gangguan fungsi otak yakni Alzheimer atau dementia. Selain itu kemampuan dalam belajar juga akan meningkat dengan konsumsi blueberry setiap hari secara rutin.

10. Menguatkan tulang

Buah blueberry mengandung bahan manganese yang baik untuk tulang sehingga ampuh dalam menguatkan tulang dan Anda pun akan terhindar dari risiko terkena keropos.

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai vitamin (A, B, C dan E) dan antosianin turut membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

12. Mencegah infeksi saluran kemih

Blueberry juga dikenal mampu mencegah infeksi saluran kemih. ISK terjadi karena pertumbuhan E. coli dan bakteri lainnya di dekat dinding bagian dalam saluran kemih.

No Comments

Post A Comment